Apakah Tumor Abdomen Berbahaya

Tumor abdomen adalah kondisi dimana terjadinya perkembangan dan pertumbuhan masa padat ( benjolan ) dengan ukuran ketebalan yang berbeda di rongga perut.

Tumor Abdomen

Tumor tersebut berasal dari sel tubuh yang mengalami transformasi dan tumbuh secara autonom dan berkembang secara tak terkendali ( abnormal ) sehingga sel tersebut memiliki bentuk dan struktur yang berbeda dari sel normal.

Benjolan tumor di perut bisa berukuran sangat besar tanpa menimbulkan gejala, mengingat perut memiliki rongga yang cukup besar sehingga walaupun adanya tumor yang besar tidak akan menganggu organ lainnya.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa sebagian besar orang yang menderita tumor abdomen tidak menyadari dirinya terkena penyakit tersebut. Terlebih tumor abodmen termasuk kedalam salah satu penyakit yang sulit dideteksi diawal kemunculannya.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai sebagai gejala tumor abdomen sehingga pada saat anda mengalami hal tersebut perlu melakukan penanganan yang serius, yakni berupa :

  • Badan teras lesu dan lemah
  • Badan terasa atau terlihat makin kurus
  • Sering berkeringat berlebih
  • Demam
  • Terlihat pucat
  • Nyeri dalam perut

Utamanya yang perlu diperhatikan adalah ketika gejala tersebut diikuti dengan kondisi perut menjadi tampak membesar dan terasa keras.

Ingat diperlukan kehatian-hatian dalam memperlakukan penderita tumor abdomen dengan perut yang sudah membesar guna mengindari pecahnya tumor ataupun penyebaran sel tumor.

Karena apabila tumor abdomen sampai pecah maka dapat membahayakan orang yang menderitanya yaitu bisa menyebabkan kematian.

Diaknosis Dan Pengobatan Tumor Abdomen

Dokter biasanya akan melakukan beberapa tahapan pemeriksaan sebelum mengambil tindakan pengobatan.

Berikut ini adalah serangkaian pemeriksaan yang biasanya dilakukan, yakni :

  • Tes darah untuk mencari tanda-tanda kanker pada tubuh Anda.
  • Endoskopi bagian atas. Dokter Anda akan menempatkan tabung fleksibel dengan kamera kecil ke dalam tenggorokan Anda untuk melihat ke dalam perut Anda.
  • Tes seri GI Atas. Anda akan minum cairan berkapur dengan zat yang disebut barium. Mantel cairan perut dan membuatnya muncul lebih jelas pada sinar-X.
  • CT scan. Ini adalah X-ray kuat yang membuat gambar-gambar detil dari bagian dalam tubuh Anda.
  • Biopsi. Dokter mengambil sepotong kecil jaringan dari perut Anda untuk melihat di bawah mikroskop untuk tanda-tanda sel kanker. Dia mungkin melakukan hal ini selama endoskopi.

Ada beberapa langkah atau metode pengobatan yang biasa dilakukan oleh dokter dalam mengatasi tumor abdomen yakni meliputi :

  1. Operasi pengangkatan.
  2. Kemoterapi.
  3. Radioterapi.
  4. Terapi biologis.
  5. Terapi target yang hanya mencari dan menyerang sel-sel kanker.

Namun secara umum dokter akan melakukan kombinasi dari 3 metode ketika penyakit tumor abdomen yang diderita terindikasi ganas yakni operasi pengangkatan sel tumir, kemoterapi dan radioterapi.

Akan tetapi jika tumor yang tumbuh bersifat jinak maka pengobatan yang dilakukan hanya berupa pemberian obat-obatan saja guna mencegah tumor berkembang lebih jauh lagi.

Selain melakukan pengobatan secara medis, pengobatan secara alternatif yakni dengan konsumsi obat herbal abdomen juga banyak dipilih, utamanya jika pengobatan secara medis tak mampu dilakukan.

Rekomendasi :

Salah satu obat herbal yang bisa dipilih untuk mengobati tumor abdomen adalah Zedoril kapsul, informasi produk silahkan hubungi 0812.1445.0888 ( TLP/SMS/WA )

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *